Kolesterol dan Faktanya

Gaya Hidup Sehat 
Fakta dan Mitos Kolesterol

Apakah makan makanan yang mengandung kolesterol tidak baik bagi tubuh ? Apakah kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan kolesterol ? Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh , namun peningkatan tingkat , terutama jenis yang buruk, low density lipoprotein ( LDL ) , cukup berpengaruh pada terjadinya PJK .  

Kolesterol berperan penting dalam pembentukan membran sel , beberapa hormon , dan vitamin D. Hati membuatnya dan menghubungkannya ke pembawa protein yang disebut lipoprotein , yang membuatnya larut dalam darah dan diangkut ke seluruh tubuh . Agar tak terjebak dengan kesalahpahaman tentang kolesterol , lihat mitos dan fakta kolesterol di bawah ini.  

Kolesterol jahat adalah mitos . Bahkan , kolesterol sangat penting untuk fungsi tubuh . Dr John Gullota , ketua Komite Therapeutics AMA , seperti dikutip Good Health & Medicine , mengatakan sekitar 75 persen kolesterol dihasilkan oleh tubuh dan 25 persen diperoleh dari makanan,  sebagian besar kolesterol oleh hati dan penting untuk banyak proses , termasuk produksi hormon seks dan vitamin D , serta untuk fungsi otak dan saraf . Kolesterol yang bergabung dengan protein untuk membentuk lipoprotein membantu perjalanan di aliran darah .  

Ditambahkan oleh Prof. DR.Made Astawan , MS , teknologi pangan dan ahli gizi dari IPB , meskipun dianggap berbahaya, kolesterol tubuh masih diperlukan . Rata-rata manusia membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain 25-40 persen dari jumlah itu , atau sekitar 200-300 mg biasanya berasal dari makanan , sisanya disintesis oleh tubuh . Semua tingkat kolesterol tinggi menempatkan Anda pada risiko penyakit . Secara ilmiah tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon dan membran sel . Ada dua jenis kolesterol yang harus diperhatikan , yaitu HDL kolesterol baik dan kolesterol jahat ( LDL ) . Kolesterol jahat yang membentuk plak di arteri dan menyebabkan penyakit jantung . Sebaliknya, kolesterol baik membantu menyingkirkan kolesterol buruk dari darah . Semakin tinggi HDL , semakin baik . Semakin rendah LDL  lebih baik juga , diet rendah lemak sehat dan olahraga secara alami akan membantu Anda mengelola cholesterol.Treatment Anda akan membantu ketika diet dan olahraga tidak cukup . Gejala risiko tinggi kolesterol bisa dilihat . Bahkan secara ilmiah, satu dari lima orang Indonesia memiliki kolesterol tinggi . Sayangnya , banyak yang tidak tahu , karena biasanya tidak ada gejala . Beberapa orang hanya mengetahui bahwa ia memiliki kolesterol tinggi setelah serangan jantung atau stroke .  

Tidak yakin jika Anda menjalankan resiko kolesterol tinggi ? Lakukan pemeriksaan kolesterol rutin setiap lima tahun , dimulai pada usia 20 . Pengobatan menjadi satu-satunya cara untuk mengelola risiko kolesterol tinggi .  Cara utama untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi adalah melalui diet , olahraga, dan pengobatan . Namun, menurut Gullotta , " Lebih baik menurunkan kolesterol secara alami bila Anda bisa melakukannya . " Misalnya , menjaga berat badan yang sehat , aktif secara fisik minimal 30 menit setiap hari, dan konsumsi makanan sehat dengan mengurangi lemak jenuh hingga kurang dari 7 persen dari kalori harian .  
Olahraga dapat menurunkan LDL dan meningkatkan ujung HDL.Another , asupan kolesterol kurang dari 200 mg per hari , mengurangi asam lemak trans ( minyak terhidrogenasi ) , asup 25-35 gram serat , dan meningkatkan jumlah omega- 3 asam lemak dengan makan ikan atau suplemen minyak ikan . Ketika diet dan olahraga saja tidak cukup menurunkan kolesterol Anda , dokter anda dapat merekomendasikan pengobatan, risiko tinggi kolesterol meningkatkan kemungkinan mengalami diabetes mellitus tipe - 2 . Bahkan . Risiko tinggi kolesterol dapat memberikan kontribusi yang paling dalam perkembangan diabetes tipe - 2 . Kolesterol baik di bawah 35 mg / dL merupakan faktor risiko untuk diabetes .  

Faktor risiko lainnya adalah kelebihan berat badan , memiliki riwayat keluarga diabetes , tidak aktif , dan tekanan darah tinggi . Diabetes tipe - 2 seperti risiko tinggi kolesterol , bisa secara rahasia Anda dapat mengetahuinya sampai Anda mengalaminya . Pelajari risiko diabetes . Lakukan pemeriksaan gula darah puasa jika Anda kelebihan berat badan . Jika kolesterol total normal , Anda tidak berisiko mengalami serangan jantung atau stroke .  

Pada kenyataannya, bahkan jika kolesterol total Anda normal , kurang dari 200 mg / dL , kolesterol LDL tinggi atau HDL rendah akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke . Itulah mengapa penting untuk mengetahui semua nomor kolesterol Anda . Untuk mengurangi risiko penyakit , lakukan pengecekan kolesterol dan ikuti perintah dokter . Rokok dan alkohol dapat mempengaruhi kolesterol Anda . Fakta, Alcohol dan merokok dapat mengubah kolesterol . Beberapa studi telah menunjukkan alkohol dalam jumlah moderat (sekitar satu gelas per hari untuk wanita atau dua gelas untuk pria ) dapat meningkatkan kolesterol baik . Sebaliknya, merokok sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol baik . Jika Anda belum pernah mengkonsumsi alkohol sebelumnya, tidak perlu untuk mulai mendapatkan efek positif pada kolesterol . Oleh karena itu , diet sehat sendiri mampu meningkatkan kolesterol baik . Namun, jika Anda merokok , cobalah untuk berhenti . Tidak hanya akan membantu kolesterol , tetapi juga akan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker . Sebaiknya lakukan pemeriksaan kolesterol pertama kali pada usia 45 tahun .  Bahkan , memeriksa kolesterol saat usia sudah merambat naik bisa membuat peluang Anda .  

Situs web WebMD menjelaskan bahwa setiap orang harus memiliki tes kolesterol setiap lima tahun dimulai pada usia 20 tahun . Profil lemak puasa diperiksa setelah Anda berpuasa selama 9-12 jam . Hasil tes akan memecah kolesterol Anda menjadi beberapa bagian , yaitu trigliserida , HDL , LDL , dan total kolesterol  . Gambar yang sehat , trigliserida kurang dari 150 mg / dL , HDL lebih dari 40 mg / dL , LDL kurang dari 100 mg / dL , dan kolesterol total di bawah 200 mg / dL . Mulai memeriksa kolesterol sejak dini akan menempatkan Anda dalam gaya hidup sehat di kemudian hari . Hilangkan daging , keju , dan lemak dari makanan akan membuat semuanya baik-baik saja .  

Bahkan , menghilangkan satu atau dua dari kelompok makanan bukan merupakan cara sehat untuk mengelola kolesterol . Tidak perlu untuk menghindari semua lemak , daging , dan produk susu dari diet Anda . kunci untuk mengelola kadar kolesterol adalah mengontrol porsi dan berbagai makanan . Makanan tinggi lemak jenuh meningkatkan kolesterol darah lebih dari apa pun . Oleh karena itu , pembatasan lemak jenuh dan asupan kolesterol dapat membuat difference.Cholesterol adalah setara dengan lemak.  Bahkan , dilihat dari struktur kimianya , kolesterol merupakan kelompok steroid , yaitu suatu zat yang termasuk kelas lipid atau lemak . Namun, kolesterol dan lemak merupakan zat yang berbeda . Satu kaleng makanan tinggi lemak , tetapi bebas kolesterol , misalnya minyak zaitun . Makanan lain bisa rendah lemak tetapi tinggi kolesterol , seperti ginjal .  

Untuk menjaga jantung Anda sehat , ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang ramah dengan tubuh Anda . antioksidan hanya menyediakan perlindungan terhadap kanker . Bahkan , antioksidan juga melindungi terhadap kolesterol jahat , serta penyakit jantung. Antioksidan melindungi terhadap kerusakan radikal bebas . Antioksidan yang ditemukan di sebagian besar buah dan sayuran . Teh hijau dan cokelat hitam dengan kualitas baik adalah sumber antioksidan . Kehadiran antioksidan ini akan mengurangi risiko penyakit jantung .

sumber: Tabloid News Presentation health HEALTHY LIFESTYLE !

No comments:

Post a Comment

Popular Posts